Terima Kasih Bapak Jokowi atas Bantuan Traktor bagi Masyarakat dan Pemerintah Sumba Tengah

oleh -144 Dilihat

Suara-ntt.com, Waibakul-Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada Presiden Joko Widodo atas bantuan traktor roda 4 untuk maayarakat dan Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah.

“Atas nama masyarakat Kabupaten Sumba Tengah kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada Presiden Joko Widodo karena cinta dan perhatiannya kami diberikan bantuan traktor roda empat hari ini guna membantu kami untuk dimanfaatkan sebaik mungkin dalam mengerjakan lahan-lahan sawah dan kebun yang ada,” kata Bupati Paul Limu ketika melihat dan memeriksa bantuan traktor dari Presiden Joko Widodo di rumah jabatan Bupati Sumba Tengah pada Selasa, 8 Juni 2021.

Bupati meminta agar pengelolaan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) semuanya berjalan efektif dan tepat serta bertanggungjawab perlu dibangun Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

“Saya sudah perintahkan kepada Dinas Pertanian agar segera melakukan kajian dan konsultasi ke Kupang terkait pembangunan UPTD agar bisa segera dibangun untuk dipergunakan dalam mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan alsintan secara tepat dan benar serta bertanggung jawab bagi para petani di Sumba Tengah,”ungkapnya.

Dikatakan, Alsintan menjadi salah satu bagian penting dalam upaya mengenjot produksi pertanian untuk mencapai ketahanan pangan nasional. Traktor adalah salah satu alsintan yang diandalkan dalam pengolahan lahan sawah dan kebun sebelum tanam untuk mendapatkan kualitas tanah yang baik.

Untuk diketahui Kabupaten Sumba Tengah kembali mendapat bantuan Alsintan berupa traktor besar roda 4 sebanyak 10 unit merek Kioti tipe DK4510.

Kesepuluh traktor besar tersebut dikirim dari Surabaya, Jawa Timur menggunakan transportasi laut dan dikirim secara bertahap dimana sebelumnya pada Senin (7/6/2021) dikirim 5 unit dan pada hari ini Selasa (8/7/2021) dikirim lagi 5 unit, sehingga menjadi 10 unit.

Kesepuluh unit traktor roda 4 tersebutĀ  merupakan bantuan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Republik Indonesia kepada masyarakat dan petani di Kabupaten Sumba Tengah untuk dimanfaatkan dan dipergunakan dengan sebaik mungkin guna mengolah lahan pertanian yang dimiliki.

Sebelumnya, pada bulan September 2020 lalu Kabupaten Sumba Tengah mendapat bantuan serupa yaitu 10 unit traktor roda 4 untuk brigade untuk mendukung program TJPS yang digagas oleh Gubernur NTT, lalu disusul pada bulan Oktober 2020 bantuan traktor roda 4 sebanyak 10 unit dari Kementerian Pertanian RI guna menunjang dan mendukung program Food Estate, dengan bertambahnya 10 unit traktor besar hari ini, maka totalĀ  keseluruhan traktor roda 4 saat ini berjumlah 17 unit.

Traktor Kioti merupakan traktor yang diproduksi dari Negara Korea Selatan. Saat ini Traktor Kioti type DK4510 sudah memiliki populasi yang cukup banyak di Indonesia. Banyak petani yang sudah menggunakan traktor ini untuk mengolah lahan sawah dan lahan pertanian lainnya.
Traktor Kioti didesain khusus untuk traktor pertanian dengan bobot yang sangat sesuai untuk areal pertanian yang memudahkan pengoperasian dan juga perawatan. (HT/Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Sumba Tengah)