Di Era Kepemimpinan FirmanMu, Masyarakat Kota Kupang Menikmati Tempat Tinggal yang Layak

oleh -168 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Masa kepemimpinan Wali Kota Kupang, DR. Jefri Riwu Kore dan Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man atau lebih dikenal dengan tagline Paket FirmanMu berakhir di tanggal 22 Agustus 2022.

Selama lima tahun kepemimpinan mereka ada sejumlah program yang berhasil diselesaikan dan adapula yang belum dicapai. Dengan demikian, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kupang menghadirkan stackholder terkait untuk melakukan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Smart City Tahun 2022 di di Palacio Grand Ballroom Aston Kupang pada Kamis, 18 Agustus 2022.

Untuk diketahui bahwa program bedah rumah yang diluncurkan Pemerintah Kota Kupang dan berkolaborasi dengan pemerintah pusat dinilai berhasil serta  membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah untuk mendapatkan sebuah rumah idaman dan layak. Bahkan masyarakat ingin program tersebut dilanjutkan.

Dalam evaluasi kegiatan Smart City Kota Kupang didukung dengan 6 pilar yang Smart yakni: Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Environment dan Smart Society

Enam pilar tersebut dinilai telah mengubah Kota Kupang menjadi Kota Cerdas. Cerdas dalam aspek pelayanan publik, cerdas dalam peningkatan daya saing, cerdas dalam peningkatan dalam aspek kesehatan. Perubahan yang ada di Kota Kupang semata-mata demi kesejahteraan masyarakat Kota Kupang.

Terciptanya Lingkungan Kota yang bersih dan transparan dalam pelayanan publik menjadikan Kota Kupang sebagai kota teladan untuk kemajuan daerah lain di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam masa kepemimpinan FirmanmMu tidak hanya lingkungan kota yang ditata agar terlihat indah dan cantik namun kehidupan masyarakat pun ikut disulap dengan memberikan tempat tinggal yang layak dan nyaman.

Dengan tertatanya kehidupan masyarakat menekan angka kemiskinan di Kota Kupang dengan didukung oleh taman-taman dan penerangan yang cukup sehingga dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Kota Kupang terutama pedagang kaki lima dapat menjajakan jualannya tidak hanya pada siang hari namun juga pada malam hari.

Selain itu terwujudnya lingkungan tempat tinggal yang layak tinggal, nyaman dan efisien adalah  elemen dalam Smart Living yaitu Kesehatan Warga, Harmonisasi Tata Ruang Wilayah dan Transportasi.

Turut hadir dalam Kesempatan tersebut Staf Khusus Kementerian Kominfo RI, Kepala Arsip Nasional RI, Kepala Dinas Kominfo Kota Kupang Andre Otta, sebagai pemandu diskusi dan evaluasi Smart City 5 tahun Winston Rondo.(*).