Ketua Sinode GMIT Keluarkan Surat Edaran Terkait Adanya Bibit Siklon di NTT

oleh -449 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Ketua Sinode GMIT Injili Timor, Pendeta Dr. Mery Kolimon mengeluarkan surat edaran terkait adanya bibit siklon di NTT.

Surat edaran itu ditujukan kepada Majelis Klasis Harian (MKH) dan Majelis Jemaat Harian (MJH) GMIT di seluruh wilayah NTT menyusul imbauan BMKG yang menyebut potensi bibit siklon semakin tinggi.

Salah satu poin penting dalam imbauan Sinode GMIT yang disampaikan Ketua Majelis Sinode GMIT Pdt Mery Kolimon, yakni meminta jemaat menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang guna menghindari dampak potensi siklon pada Sabtu, 8 April 2023 malam.

Berikut isi surat edaran Pendeta Mery Kolimon perihal kesiapsiagaan cuaca ekstrem yang diterima wartawan;

Salam kasih dalam Yesus Kristus, Selamat menyambut Paskah.

Semoga kami dapat menjumpai Bapak/Ibu dalam keadaan damai sejahtera.
Majelis Sinode Harian baru saja mengikuti rapat kesiapsiagaan cuaca ekstrem bersama BPBD Provinsi NTT dan pimpinan instansi terkait.

Untuk itu kami mohon keseriusan kita
semua menyikapi situasi ini. Walaupun bibit siklon berada di laut, dan kemungkinan tidak akan masuk ke daratan, namun posisinya dekat dengan wilayah NTT. Sehingga kita harus hati-hati dengan lintasan bibit siklon tersebut.

Jika tanggal 6 April 2023 yang lalu BMKG
melaporkan potensi bibit siklon menjadi siklon masih rendah, maka hari ini, 8 April 2023 berdasarkan pantauan BMKG, potensi perubahan dari bibit siklon menjadi siklon sudah menjadi TINGGI untuk 3 hari ke depan.

Kita menghadapi dampak tidak langsung dari perubahan tersebut berupa ancaman hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, petir, tingginya gelombang laut, angin kencang, banjir, dan longsor.

Karena itu, untuk kegiatan yang mengumpulkan banyak orang mohon semua berhati-hati.

Jika keadaan tak memungkinkan sebaiknya perayaan yang mengumpulkan banyak orang ditunda. Juga sebaiknya tidak melakukan kegiatan di luar rumah/gedung gereja untuk waktu 9 hingga 11 April 2023.

Para nelayan diminta untuk sementara tidak melaut. Begitu pula saudara-saudara yang tinggal di daerah aliran sungai dimohon berhati-hati.

Ketua Majelis Sinode GMIT Pendeta Mery Kolimon menyampaikan surat edaran yang meminta jemaat menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang sebagai tindak lanjut adanya bibit Siklon di wilayah NTT. (www.sinodegmit.or.id)

Jika hujan terus menerus dan ada ancaman banjir sebaiknya segera mengungsi.

Kami minta agar semua Majelis Jemaat dan Majelis Klasis berkoordinasi dengan
pemerintah setempat guna menyiapkan tempat evakuasi/pos pengungsian bagi jemaat-jemaat dan masyarakat, jika dibutuhkan.

Kita semua berdoa agar terhindar dari bencana. Tuhan Yesus menolong kita. Pesan Paskah adalah “Jangan Takut” (Matius 28:7,10). Mari kita hadapi ancaman bencana dengan iman bahwa kita tidak sendirian.

Kristus yang bangkit memberi kita kekuatan untuk dengan berani berfokus pada upaya-upaya mitigasi bencana dan menjadi alat kebaikan bagi mereka yang paling terdampak.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja samanya kami syukuri dengan doa dan ucapan limpah terima kasih.

Surat ini ditandatangani oleh Ketua Sinode GMIT Pendeta Mery Kolimon dan Sekretaris Pendeta Yusuf Nakmofa. ***