LLDIKTI NTT Himbau Masyarakat Pilih Perguruan Tinggi yang sudah Terakreditasi

oleh -261 Dilihat

Suara-ntt com, Kupang-Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XV NTT menghimbau kepada masyarakat untuk memilih kampus atau perguruan tinggi yang sudah terakreditasi. Pasalnya saat ini banyak perguruan tinggi di NTT yang belum terakreditasi.

“Kita minta kepada masyarakat yang ingin anaknya melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk memilih kampus yang sudah terakreditasi,”kata Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XV NTT Prof. Dr. Adrianus Amheka kepada wartawan pada Rabu, 12 April 2023.

Prof. Adrianus mengatakan, pihaknya akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat untuk memilih kampus atau perguruan tinggi yang tepat dan sudah terakreditasi.

“Tentunya kami terus berkoordinasi sesuai dengan pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten/kota menyampaikan informasi kepada masyarakat untuk memilih perguruan tinggi yang layak dalam ini sudah terakreditasi,”ungkapnya.

Dia meminta agar perguruan tinggi yang minim atau kurang mahasiswa untuk memastikan bahwa ada efektivitas dan efisiensi dalam tata kelola perguruan tinggi.

“Kalau tidak efisien dan efektif dalam pengelolaan perguruan tinggi maka tidak bisa terakreditasi. Kalau perguruan tingginya efisien dan efektif tentu melihat jumlah mahasiswanya, keberadaan prodinya dan lain sebagainya sehingga hilir atau endingnya adalah mutu karena indikatornya akreditasi,”jelasnya.

“Kalau perguruan tinggi tidak mempunyai mahasiswa tentunya akreditasi perguruan tinggi tersebut tidak ada,”tambahnya.

Lebih lanjut kata dia, pihaknya terus melakukan pengawasan, pengendalian dan pembinaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Kami terus menghimbau untuk melihat aspek ini,”pungkasnya. (Hiro Tuames)