Serahkan Izin Operasional SMAN Ndondo dan Bantuan bagi Masyarakat Desa Loboniki

oleh -126 Dilihat

Suara-ntt.com, Ende-Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat menyerahkan izin operasional Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Ndondo dan bantuan bagi masyarakat Desa Loboniki Kecamatan Kotabaru Kabupaten Ende.

“Hari ini kita bangun SMA disini agar anak-anak untuk melanjutkan sekolahnya maka ekonominya harus baik karena kalau ekonominya tidak baik ya percuma, tamat SMA ya nganggur lagi. Karena itu perencanaannya harus berjalan secara baik tersistem sehingga tidak terjadi pengangguran intelektual tetapi mereka akan menyelesaikan pendidikannya dan akan bekerja dengan baik,”kata Gubernur NTT ketika melakukan kunjungan kerja (Kunker) pada Senin, 22 Mei 2023.

“Karena itu saya harapkan pemerintah daerah harus terus berkolaborasi dengan pihak swasta, kita lihat bahwa banyak sekali pekerjaan-pekerjaan dan potensi-potensi di Flores ini yang tidak disiapkan dengan baik karena swastanya tidak paham. Oleh karena itu kita perlu membangun kolaborasi untuk pembangunan itu agar dapat berjalan dengan baik. Kita harus terus melakukan pembenahan baik pada Sumber daya manusianya maupun pada infrastruktur yang ada,”ungkapnya.

Gubernur NTT mengatakan, tantangan yang dihadapi pemerintah saat ini adalah keterbatasan anggaran.

“Tantangan kita memang anggaran itu sangat terbatas karena itu saya selalu mendorong, khusus untuk pertanian, peternakan dan perikanan semaksimal mungkin ini harus menjalin kolaborasi dengan dunia usaha tidak boleh pemerintah menempatkan uangnya kecuali pada infrastruktur untuk peternakan, infrastruktur untuk pertanian dan juga infrastruktur untuk perikanan. Tetapi untuk kerja-kerja perikanan, peternakan dan pertanian harus mampu dikolaborasikan,”ujarnya.

“Kalau harus dibebankan pada APBD terus kita akan berat, tetapi kalau kita mampu untuk membangun sebuah kolaborasi yang baik dan sinergi antara pengusaha, perbankan, masyarakat dan pemerintah sebagai stakeholder pembangunan itu menjadi satu, saya yakin pasti akan ada kemajuan,”tambahnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis berupa bibit Hortikultura dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang wakili oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, Lecky F. Koli kepada Kepala Desa Loboniki.

Selain itu ada penyerahan bantuan 1 ton beras dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur kepada masyarakat Desa Loboniki dan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Sosial, Yosef Rasi dan diterima oleh camat Kotabaru serta Penyerahan Ijin Operasional SMA Negeri Ndondo yang secara simbolis diserahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, yang diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri Ndondo. (HT)