Anak-anak SMAN 1 Taebenu Diharapkan Setelah Tamat Bisa Mandiri

oleh -434 Dilihat

Suara-ntt com, Kupang-Koordinator Pengawas (Korwas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Stef Tallo berharap anak-anak kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Taebenu Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) setelah tamat mereka bisa mandiri dengan melakukan sesuatu yang menjadi sumber pendapatan.

“Jangan tamat SMA hanya teori yang diterima tetapi kita harapkan mereka bisa berbuat dan menghasilkan sesuatu karena itu menjadi sumber pendapatan. Dan itu yang menjadi harapan kita agar mereka bisa mandiri,”kata Korwas Stef dalam acara Gebyar Pameran Kewirausahaan Projek, Penguatan, Profil, Pelajar dan Pancasila (P5) SMA Negeri 1 Taebenu pada Selasa, 13 Juni 2023 lalu.

Stef meminta agar setelah anak-anak tamat tidak boleh kerja sebagai TKI di Malaysia ataupun negara lainnya karena daerah NTT sangat kaya.

“Dengan kekayaan alam yang ada perlu diolah menjadi sumber kehidupan bagi kita.
Hasil bumi kita banyak baik itu pisang, ubi kelapa, jagung dan lain sebagainya tinggal diolah dengan baik,”ungkapnya.

Dia memotivasi anak-anak untuk terus belajar. Jika kesempatan tidak dimanfaatkan dengan baik maka momen itu tidak akan terulang lagi. Karena menyesal kemudian tidak ada gunanya.

Ia menjelaskan, tujuan dari kegiatan Projek, Penguatan, Profil, Pelajar dan Pancasila (P5)adalah untuk melakukan variasi dalam kegiatan pembelajaran sehingga tidak hanya belajar dalam kelas dan itu akan anak-anak merasa jenuh tetapi melakukan kegiatan lain diluar kelas untuk menghasilkan produk.

“Memang produk ini sesuatu yang dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat. Dan bahan bakunya diambil dari lingkungan sekitar kita. Dan ini merupakan esensi dari tujuan kita seperti yang dipamerkan anak-anak saat ini,”ujarnya.

“Setelah belajar mereka harus mampu mengelola sumber daya yang ada agar bermanfaat bagi kita,” tambahnya.

Stef mengatakan, hasil produk yang ditampilkan saat ini merupakan implementasi dari kerikulum K13 melalui pelajaran prakarya dan mulok kemudian dikurikulum merdeka dan implementasi itu dari P5.

Dalam kesempatan itu dia menyampaikan ucapan limpah terima karena sekolah tersebut tertata dengan baik. “Didalam pengamatan kami sebagai sekolah prestasi di olahraga dimana kegiatan pramuka dan budaya sekolah ini sangat menonjol.”

“Kegiatan P5 hari ini kita apresiasi, dukung dan harus ditingkatkan. Terima kasih untuk Ketua Komite, Badan Pengurus, orangtua, kepala sekolah dab para guru. Dimana sekolah ini sudah bagus dan harus dipertahankan agar lebih baik ke depan,”tandasnya. (Hiro Tuames)