14 Anak NTT Bakal Tampil dan ‘Getarkan’ Istana Merdeka dengan Musik Sasando di HUT ke-78 Kemerdekaan RI

oleh -394 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Alat Musik Tradisional Sasando asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya dari Kabupaten Rote Ndao bakal tampil dan menggetarkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia (RI) di Istana Merdeka Jakarta pada 17 Agustus 2023.

Izhu Nisnoni, Music Director dan Pelatih Ilustrasi musik sasando mengatakan pada HUT ke-78 Kemerdekaan RI, beberapa provinsi di Indonesia akan menampilkan kebudayaannya masing-masing dan salah satunya provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Untuk kita Provinsi NTT, kita menampilkan musik sasando.,” katanya kepada wartawan pada Minggu, 13 Agustus 2023.

Izhu Nisnoni mengatakan saat tampil nanti akan melibatkan 15 pemain sasando. “Kita ini 15 orang termasuk saya. Yang saya seleksi itu ada 14 anak-anak,” jelasnya.

Dari 14 orang ini, kata dia, adalah SMA dan mahasiswa di Kota Kupang. Sebelumnya terpilih mereka didahului proses seleksi.

“Busana yang kita pakai di sana nanti, kita akan pakai pakaian lengkap Rote, ” katanya.

Ia berharap agar setelah tampil di Istana Negara, para anak-anak tersebut bisa terus berkembang di hari-hari yang akan datang.

“Saya berharap setelah mereka pulang dari Istana negara itu menjadi beban tersendiri bagi mereka. Harus bisa mempertanggungjawabkan kepada masyarakat,” harapnya.

Pada kesempatan itu, lulusan Ilmu Budaya UGM itu menyampaikan terima kasih kepada Bunda Julie  Sutrisno Laiskodat yang telah memfasilitasi mereka untuk tampil di HUT Ke-78 RI di Istana Negara.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Bunda Juli yang sebagai inisiator untuk mengumpulkan tim ini. Jadi, itu inisiatif dari Bunda Julie. Pembiayaannya juga yang saya ketahui dari Bunda Julie sendiri,” ucapnya.

menambahkan meski Bunda Julie mau berakhir masa jabatan sebagai Ketua Dekranasda NTT, namun kecintaannya untuk mendorong bakat anak-anak muda NTT tetap melekat pada diri seorang Julie Laiskodat.

“Itu yang saya apresiasi sekali. Kalau mau bilang sudah mau habis masa jabatannya, tetapi beliau masih memikirkan anak-anak NTT bisa tampil di HUT ke-78 Kemedekaan RI,” ungkapnya. (HT)