Pelatihan Budidaya Ikan Lele Dalam Ember jadi Berkat bagi Jemaat Gereja Kota Kupang

oleh -535 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Wakil Ketua Majelis Jemaat Harian (MJH) Gereja Kota Kupang Eduard Gana mengatakan, pelatihan budidaya ikan lele dalam ember oleh Prof. Dr. Marcelien Dj Ratoe Oedjoe bagi kelompok pemuda Gereja Kota Kupang menjadi berkat dari Tuhan yang dikirim melalui orang-orang pilihan.

“Saya kira ini sebuah berkat yang Tuhan kirim lewat orang-orang pilihan untuk kita boleh mendapatkan pelatihan dan ketrampilan ini,”kata Edu Gana ketika membuka kegiatan Pelatihan Budidaya Ikan Dalam Ember Bagi Kelompok Pemuda Gereja Kota Kupang pada Sabtu, 14 Oktober 2023.

“Hari ini adalah hari istimewa dan sangat jarang terjadi. Karena hadirnya seorang Prof. Dr. Marcelien Dj Ratoe Oedjoe yang memiliki segudang ilmu di bidang perikanan Undana Kupang di tempat ini untuk memberikan pelatihan merupakan suatu hal yang luar biasa,”tambahnya.

Edu mewakili seluruh teman-teman jemaat Gereja Kota Kupang berbangga hati. Dari sekitar 10.000 lebih jemaat hanya ada dua Profesor yakni Prof. Dr. Fred Benu dan Prof. Dr. Marcelien Dj Ratoe Oedjoe.

“Sekali saya katakan Puji Tuhan atas kesempatan yang jarang kita bertemu dengan seorang profesor. Dengan hadir langsung orang yang berkompeten dalam memberikan pelatihan ikan lele dalam ember,”ungkap mantan Kepala Dinas Kominfo Provinsi NTT ini.

“Kami juga ucapkan limpah terimakasih kepada Prof. Lien Ratoe Oedjoe bersama tim yang telah memilih tempat ini untuk melakukan praktek langsung,”ucapnya.

Dia mengharapkan agar adik-adik untuk bisa manfaatkan kesempatan ini dengan mengikuti pelatihan ini secara baik.

“Dan kita berharap adik-adik bisa mengikuti secara serius sampai selesai. Dan Kami berharap jika ada waktu lain lagi untuk kerjasama dengan jemaat Gereja Kota Kupang melakukan pelatihan ini,”tandasnya.

Dikatakan, pihaknya menyambut dengan suka cita kegiatan tersebut. “Kita sambut baik kegiatan ini,”pungkasnya.

Sementara itu seorang Jemaat Gereja Kota Kupang, Jibral Kore Mira mengapresiasi kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang.

Menurutnya melalui kegiatan pelatihan tersebut akan menambahkan ilmu dalam budidaya ikan lele ke depan. Selama ini dirinya menekuni bidang tersebut hanya mengalami kerugian karena bibit dan pakan didatang dari Surabaya.

“Memang selama ini saya sudah jalankan bisnis ini hany saya rugi karena bibit dan pakan didatangkan dari Surabaya,”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu dia meminta agar pihak Undana Kupang bisa melatih mereka dalam membuat pakan dan menjual bibit ikan lele agar tidak didatangkan dari Surabaya.

Lebih lanjut kata dia, kegiatan pelatihan seperti ini terus dilakukan agar mereka bisa mendapat banyak ilmu tentang budidaya ikan lele dalam ember.

Untuk diketahui anggota pengabdian kepada masyarakat dari Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang terdiri dari Prof.Dr Marceluen Dj Ratoe Oedjoe  M.Si (Ketua), Ir. Felix Rebhung M.Arg.Sc  PhD (Anggota) dan dibantu oleh Dosen Muda Immaria Fransira , S.Pi, MP dan beberapa mahasiswa Prodi BDP Semester V. (Hiro Tuames)