Peluang Cawagub Lain Hanya 0,5 Persen untuk Dampingi Melki Laka Lena di Pilgub NTT

oleh -182 Dilihat

Suara-ntt.com, Kupang-Konstelasi politik di Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya pemilihan Gubernur (pilgub) semakin hari makin panas dan menegangkan bagi bakal calon (balon) Gubernur, Wakil Gubernur maupun masyarakat sendiri.

Hingga saat ada bakal calon Gubernur belum mendapatkan koalisi partai politik (parpol) maupun bakal calon Wakil Gubernur sebagai pendamping untuk ikut bertarung dalam ajang lima tahunan itu.

Salah satu calon Gubernur NTT periode 2024-2029, Emanuel Melkiades Laka Lena (Melki Lana Lena) kini menjadi ‘buah bibir’ baik di tingkat kalangan elit politik, akademisi, para jurnalis hingga masyarakat biasa.

Beredar informasi bahwa Ketua DPD I Partai Golongan Karya (Golkar) Provinsi NTT ini digadang bakal didampingi oleh figur-figur yang dinilai potensial dan mempunyai elektoral cukup signifikan. Sebut saja Anita Mahenu dan Gabriel Kusuma Proklamasi Beri Binna (Partai Gerindra), Jane Natalia Suryanto (PSI) dan Jhoni Asadoma (Non Partai). Namun yang kini mencuat ke publik bahwa yang bakal mendampingi Melki Laka Lena adalah Jhoni Asadoma mantan Kapolda NTT.

Untuk diketahui bahwa 99,95 persen dukungan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerkan Indonesia Raya (Gerindra) kepada Johni Asadoma sebagai bakal calon Wakil Gubernur NTT mendampingi Melki Laka Lena sebagai calon gubernur yang diusung Partai Golkar.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hanya 0,5 persen peluang bagi calon Wakil Gubernur NTT lain untuk bisa mendampingi Melki Lana Lena di Pilgub NTT.

Informasi dukungan tersebut dibenarkan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi NTT, Fernando Soares namun DPD tidak ingin mendahului DPP karena ranahnya adalah mereka.

“Kita DPD Gerindra NTT hanya mengusulkan nama Pak Johni Asadoma sehingga kita tunggu pengumuman resmi oleh DPP,” kata Anggota DPRD NTT terpilih itu ketika dikonfirmasi wartawan pada Rabu (31/7/2024).

Terkait peluang Johni Asadoma mendampingi Melki Laka Lena yang diusung Golkar, Gerindra dan PAN saat ini sebagai calon Gubernur, Fernando mengaku sangat berpeluang karena Gerindra sudah terlebih dulu mendukung kader Golkar itu.

“Untuk peluang, 99,95 persen Johni Asadoma menjadi Calon Wakil Gubernur mendampingi Melki Laka Lena,” ungkapnya.

“Tetap kita menunggu pengumuman resmi dari DPP,“ tambahnya. ***