Penjabat Wali Kota Faren Funay Hadir dalam Acara Gala Dinner Rakerkomwil IV APEKSI di Kota Blitar

oleh -114 Dilihat

Suara-ntt.com, Bliter-Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay didampingi Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK/Dekranasda Kota Kupang, Ny. Lousje Marlinda Funay-Pelokila menghadiri acara Welcome Dinner yang dihelat Pemerintah Kota Blitar bertempat di Balaikota Kusuma Wicitra pada Kamis (11/7/2024) malam.

Kegiatan itu digelar untuk menyambut para kepala daerah atau delegasi dari 12 kota anggota Komisariat Wilayah (Komwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dalam rangka Rapat Kerja Komwil IV APEKSI ke 19 tahun 2024 yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Santika Kota Blitar pada Jumat, 12 Juli 2024.

Turut mendampingi Penjabat Wali Kota, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Kupang, Abraham David E. Manafe, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kota Kupang, Jeffry E. Pelt, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kota Kupang, Ignasius R. Lega, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumuliahi Djami, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kupang, Ernest Soleman Ludji, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Kupang, Hengky C. Malelak.

Hadir dalam acara tersebut, Penjabat Gubernur Jawa Timur, Wali Kota Blitar, H. Santoso dan Wakil Wali Kota Blitar, Tjutjuk Sunaryo, para Kepala Daerah atau delegasi dari 11 Kota lainnya, anggota Komwil IV APEKSI, antara lain Kota Kediri, Kota Batu, Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Pasuruan, Kota Denpasar, Kota Mataram dan Kota Bima.

Wali Kota Blitar, H. Santoso dalam sambutannya mengatakan acara Welcome Dinner diselenggarakan dalam rangka menyambut para Kepala Daerah delegasi Rakerkomwil IV Apeksi dari 13 Kota yang berasal dari Provinsi Jawa Timur, Bali, NTT dan NTB. Selanjutnya rangkaian APEKSI yang berlangsung dari tanggal 11-13 Juli nanti akan dimeriahkan dengan Soekarno Coffee Fest dan The 3rd BEN Carnival.

Dirinya menambahkan untuk penyelenggaraan Rakerkomwil IV APEKSI pada Jumat tanggal 12 Juli 2024 dimulai dari diskusi, penandatanganan kesepakatan Bersama pembangunan daerah sampai sidang pleno yang bertujuan untuk menampung aspirasi terkait permasalahan yang ada di daerah,
hasilnya kemudian akan disampaikan kepada pemerintah pusat sebagai pertimbangan pengambilan kebijakan kedepannya.

“Jadi didalam agenda nanti sudah disusun jadwal persidangan untuk menampung masukan dari tiap daerah. Kemudian dirumuskan hasil pertemuan itu untuk direkomendasikan ke pemerintah pusat,” kata Wali Kota Blitar.

Penjabat Gubernur Jawa Timur (Jatim), Adhy Karyono dalam sambutannya menyebutkan Rakerkomwil IV APEKSI ini sangat penting untuk membahas isu terkini mulai dari kemacetan, polusi udara, penyelesaian sampah serta percepatan menuju smart city di wilayah masing-masing. Selain itu juga terkait meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna memperkuat digitalisasi sektor perindustrian dan perdagangan demi pemerataan ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat.

“Tantangan ini memang berbeda dengan yang dihadapi kabupaten, seperti persoalan demografis dan urbanisasi yang tidak terkontrol akibat disparitas dengan kabupaten kota dan wilayah sekitar, serta persoalan transportasi publik,” tambah Adhy.

 

Welcome Dinner Rakerkomwil IV APEKSI ini berlangsung meriah, diawali dengan tarian penyambutan, live musik dan pertukaran cinderamata berupa vandel, patung Bung Karno, serta batik khas Kota Blitar kepada seluruh tamu daerah. ***PKP_nt