Sentra Gakkumdu NTT Sabet Dua Penghargaan di Ajang Gakkumdu Award 2024

oleh -73 Dilihat

Suara-ntt com, Jakarta-Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) meraih dua penghargaan dalam gelaran Gakkumdu Award 2024.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia pada Kamis (19/9/2024).

Dua penghargaan tersebut yakni Juara I Kategori Soliditas Terbaik dan Juara III Kategori Pembinaan Terbaik.

Ketua Bawaslu NTT Nonato Da Purificacao Sarmento mengatakan penghargaan tersebut sebagai bagian dari motivasi agar Sentra Gakkumdu Provinsi NTT semakin baik lagi kedepannya.

“Saya rasa penghargaan yang didapatkan ini merupakan bukti nyata kalau Sentra Gakkumdu Provinsi NTT benar-benar menjadi wadah untuk menyamakan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana Pemilu oleh Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Sinergitas dari setiap unsur tersebut kemudian ditularkan kepada tingkatan dibawahnya melalui proses pendampingan, supervisi dan monitoring. Energi yang sama harus kita jaga dalam Pemilihan Kepala Daerah”, ujar Nonato usai menerima penghargaan di Ancol Beach City International Stadium.

Sementara Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu NTT Melpi Minalria Marpaung, selaku Pembina Sentra Gakkumdu unsur Bawaslu NTT, pun menyambut baik penghargaan tersebut. Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim Sentra Gakkumdu Provinsi NTT yang telah bekerjasama dengan baik.

“Berkat kerja keras seluruh tim Sentra Gakkumdu dari unsur Bawaslu NTT, Polda NTT dan Kejati NTT, penghargaan ini pun dapat diraih. Selamat buat kita semua. Semoga penghargaan yang didapat dalam dua kategori ini menjadi penyemangat bagi Gakkumdu NTT agar tetap solid dalam penegakan hukum pada Pilkada 2024”, kata Anggota Bawaslu NTT ini.

Turut hadir Pembina Sentra Gakkumdu Provinsi NTT unsur Kepolisian, Dirreskrimum Polda NTT Kombespol Patar M.H Silalahi. Dia juga mengapresiasi kerja-kerja tim Gakkumdu NTT selama pelaksanaan Pemilu 2024, yang kemudian berbuah raihan dua penghargaan Gakkumdu Award.

“Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas penghargaan Gakkumdu Award Pemilu 2024 yang diberikan kepada Sentra Gakkumdu Provinsi NTT dan Kabupaten Lembata. Ini merupakan prestasi dari kerja tim Bawaslu, Polri dan Kejaksaan. Mari jadikan prestasi ini sebagai motivasi dan teladan yang baik dalam menghadapi tugas selanjutnya di Pilkada Serentak 2024. Sentra Gakkumdu Provinsi NTT, solid dan jaya selalu”, ujar Kombespol Patar.

Senada dengan Bawaslu dan Kepolisian, wakil dari Kejaksaan Tinggi NTT yaitu Asisten Pidana Umum Mohamad Ridosan selaku Pembina Sentra Gakkumdu Provinsi NTT unsur Kejaksaan, menekankan tentang soliditas yang harus terus dibangun dalam ‘tubuh’ Sentra Gakkumdu Provinsi NTT. “Bahwa perolehan prestasi oleh Sentra Gakkumdu Provinsi NTT adalah hasil kolaborasi, sinergitas serta kerja keras semua unsur dalam Sentra Gakkumdu baik dari unsur Bawaslu, Kepolisian serta Kejaksaan. Semoga kedepannya kerja keras serta kekompakan ketiga unsur ini lebih meningkat lagi serta lebih sukses”, ujar Ridosan.

Dalam gelaran Gakkumdu Award 2024 ini, selain mendapatkan penghargaan di dua kategori, Sentra Gakkumdu Provinsi NTT juga masuk nominasi ke-6 pada Kategori Fasilitasi Terbaik. Sementara di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi NTT diwakili oleh Sentra Gakkumdu Kabupaten Lembata yang mendapatkan Juara II Kategori Pembinaan Terbaik. (Paulus F. I. Bogar)