Ketua KPU Kota Kupang Ingatkan Pentingnya Debat Publik yang Bermartabat

oleh -37 Dilihat
Oplus_131072

Suara-ntt com, Kupang-Ketua KPU Kota Kupang, Ismael Manoe, menegaskan bahwa Debat Publik Pertama Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang Tahun 2024 merupakan langkah awal dari rangkaian tiga debat yang direncanakan. Dalam sambutannya pada Sabtu (19/10) di Hotel Aston Kupang, Manoe menjelaskan bahwa debat-debat ini bertujuan untuk menggali lebih dalam visi, misi, dan program kerja setiap paslon, serta memberikan pendidikan politik kepada masyarakat Kota Kupang.

Manoe juga mengingatkan seluruh pihak untuk menjaga suasana demokrasi yang sehat, dengan menghindari politisasi isu SARA, penyebaran hoaks, kampanye hitam, serta tindakan negatif lainnya. “Melalui debat yang dewasa dan bermartabat, diharapkan masyarakat dapat menerima edukasi politik yang positif dan mendalam,” ujarnya.

Debat ini disiarkan langsung melalui platform live streaming untuk memastikan partisipasi masyarakat yang luas menjelang Pilkada Kota Kupang yang akan berlangsung pada 27 November 2024. Dengan tema “Membangun Kupang Kota Kasih Menuju Kota Transformatif,” acara ini dihadiri berbagai kalangan penting, termasuk Forkopimda, Komisioner KPU, Bawaslu, serta panelis dari kalangan akademisi.

Lima pasangan calon hadir dalam debat bersama tim pendukung dan jurnalis, menegaskan komitmen mereka dalam menjaga proses demokrasi yang terbuka dan adil. Para calon diberi kesempatan untuk memaparkan visi dan program mereka di hadapan masyarakat, yang diharapkan menjadi bahan pertimbangan dalam memilih pemimpin Kota Kupang ke depan. ***